Seiring dengan berkembangnya waktu, teknologi yang
diciptakan manusia berkembang dengan cepat begitu juga game yang mengalami
banyak perubahan dalam segi bentuk, jenis, cara bermain, dsb. Dengan berbagai
macam game pada masa ini, tak bisa dipungkiri bahwa setiap hari di dunia
semakin banyak orang yang bermain game. Akan tetapi game mempunyai dampak
positif dan negatif bagi yang memainkannya khususnya anak-anak yang secara umur
mereka belum bisa memilih apakah yang dia lakukan itu berdampak buruk bagi aktivitasnya
diantaranya yaitu waktu yang mereka pakai untuk belajar.
Dengan atau tanpa disadari, orang tua dan orang dewasa
lain di sekitar anak telah memperkenalkan pada teknologi sejak usia dini,
terutama pada teknologi elektronik. Beberapa orang tua yang khawatir dengan
kejamnya “dunia luar” sering lebih mendorong anak-anak untuk bermain di dalam
rumah saja dengan menggunakan perangkat teknologi komunikasi. Jadi sangat
penting bagi kita untuk mengulas efek positif maupun negatif teknologi
komunikasi elektronik bagi kehidupan anak ditinjau dari sudut psikologis pada
berbagai aspek perkembangan anak, yaitu :
- Perkembangan fisik.
- Perkembangan sosial dan emosi.
- Perkembangan inteligensi.
- Perkembangan moral.
Greenfield yang telah menelaah lebih dari 50 kajian
hasil penelitian mengenai penggunaan teknologi komputer dalam perkembangan
inteligensi anak, menunjukkan adanya peningkatan dalam visual reasoning. Hal
tersebut meliputi bagaimana individu mengindera secara visual dan memprosesnya
sehingga mencapai suatu kesimpulan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa
individu yang mendapatkan pelatihan berupa simulasi melalui komputer akan
menunjukkan performa yang jauh lebih baik dalam prakteknya di dunia nyata
dibandingkan dengan individu yang tidak melakukan simulasi. Anak-anak pada
zaman sekarang ini juga lebih baik dalam melakukan multitasking dibandingkan
generasi sebelumnya. Hal ini tampaknya berkaitan dengan peningkatan informasi
visual yang harus diprosesnya pada saat bersamaan seperti pada waktu mereka
berinteraksi dengan teknologi komputer
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar