Kamis, 27 November 2014

Membuat Objek (Meja dan TV) Menggunakan Software Blender

Membuat Objek (Meja dan TV) Menggunakan Software Blender
Membuat tv
Setelah membuka software blender, kita gunakan objek default yaitu kubus
1
Resize kubus terhadap garis Y dengan tombol S + Y dan atur bentuk hingga sedemikian rupa.
2
Selanjutnya resize kembali kubus yang telah dipipihkan terhadap garis X dengan tombol S + X hingga membentuk seperti pada gambar.
3
Masuk ke mode edit dengan shortcut tab, dan blok bagian face .Setelah itu gunakan  tombol E + S untuk mengextrude bagian face.Selanjutnya perkecil bagian face yang diblok tadi  untuk memberikan batasan antara layar dan badan tv.
4
Bagian face yang telah di perkecil tadi selanjutnya di extrude dengan perintah tombol E dan Tarik kursor mouse perlahan kebelakang untuk membuat face tertarik kedalam.
5
Untuk membuat batang tv banyak cara yang dapat digunakan, salah satunya dengan cara memblok bagian face bawah dan gunakan tombol E + S seperti lanhkah sebelumnya agar dapat memperkecil face yang diblok.
6
Setelah face bawah diperkecil, gunakan tombol E untuk mengextrude face.
7
Pada bagian yang telah diextrude, gunakan tombol CTRL + R untuk membagi bagian objek yang dituju.
pembatasan objek ini berfungsi agar pada saat merisize salah satu bagian objek, perubahan size atau perubahan bentuk objek terbatasi oleh garis ini. Garis inipun dapat dimodifikasi untuk merubah bentuk pada seleksi vertex maupun edge.
8
Setelah diberikan batasan dengan fungsi loopcut(ctrl+r), blok face bawah batang tv dan gunakan tombol S untuk melebarkan face yang di blok hingga memberikan bentuk yang ideal untuk penyanggah TV.
9
Membuat meja
Setelah pembuatan TV selesai, kita membuat meja untuk tempat TV yang telah dibuat. Gunakan objek kubus dan resize dengan menggunakan tombol S + X untuk melebarkan objek kubus agar membentuk meja pada umumnya.
10
Masuk ke menu edit dan blok face depanl, kemudian gunakan tombol E + S untuk memperkecil sekaligus memberikan bagian tambahan face depan.
11
Pada bagian face yang telah di perkecil, gunakan tombol E untuk mengextrude face yang telah diperkecil tadi dan tarik kursor perlahan kebelakang agar bagian yang diblok masuk kedalam.
12
Pilih salah satu bagian face dan duplikat dengan tombol shift + D ,setelah itu geser face yang telah di duplikat ketengah kotak.
13
Pada face yang telah diduplikat tadi, extrude face yang diduplikat untuk membentuk pembatas skat meja tv.
14
Membuat Lantai
Setelah membuat tv dan mejanya, buat lantai dengan objek palane.
15
Geser kebawah dan resize plane.
Pewarnaan
Pada mode objek, pilih salah satu objek dan masuk ke dalam mode edit untuk memberikan warna.
16
Sama dengan cara pewarnaan pada meja, masuk ke mode edit kemudian seleksi semua bagian dan berikan warna.
17
Setelah itu berikan warna pada face layar tv dengan hanya menyeleksi bagian face yang diibaratkan layar tv. Setelah diseleksi berikan warna berbeda.
19
Untuk mewarnai lantai sama dengan cara sebelumnya, bedakan warna.Setelah pewarnaan selesai, atur citra gambar dengan masuk kedalam mode camera.Setelah posisi telah diatur, render gambar untuk output akhir dengan tombol F12.
19
20
21
Tugas Kelompok Softskill :         
1.Chintyasarie Andriani (51412596)
2.Dara Apriyanthi(51412712)     
3.Marsaulina Hutahaean(54412455)
4.Nesa Aqmarina Sabila (55412291)

Tidak ada komentar: