Berikut adalah tugas softskill Pengantar Web science yang termasuk kedalam SAP
Pendahuluan
Definis
Web Science
Sejarah
Web:
- Pre-Web: Memex, Hypertext, Internet, usenet, ftp, gopher
- Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0
- Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi
- Web Science dan Metodologi Web Science
untuk lanjutan materi berikut di http://esasabila.blogspot.com/2014/03/arsitektur-web-dan-aplikasi-utama.html
Arsitektur Web dan Aplikasi Utama:
· http, HTML, Internet, web server, browser, transactions
· Semantic Web summary: XML, RDF, OWL, microformats, microdata
· Web security
Pendahuluan
Mungkin kata ini terdengar aneh
di telinga kita, “Web Science”. Teknologi Internet dan Web telah memudahkan
dalam melakukan penyimpanan dan pendistribusian data serta informasi.
Apakah yang dimaksud dengan Web
Science? Menurut struktur katanya, Web Science terdiri atas kata “Web” dan kata
“Science”, dimana kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Berikut
merupakan penjelasan dari definisi kedua kata tersebut sehingga dapat membentuk
suatu istilah baru yang disebut dengan “Web Science”.
Web atau Website merupakan suatu
halaman informasi yang disediakan melalui jalur Internet, sehingga web dapat
diakses di mana saja selama web tersebut terhubung atau terkoneksi dengan
jaringan internet. Web merupakan alat komunikasi online yang menggunakan media
internet dalam pendistribusian atau penyebarannya. Web merupakan kumpulan
halaman yang menampilkan informasi dengan berbagai macam jenis. Diantaranya
berupa data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan
atau gabungan dari semuanya, baik web tersbut bersifat statis maupun bersifat
dinamis yang akan membentuk suatu rangkaian yang saling terkait dimana
masing-masing rangkaian tersebut dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman
yang disebut dengan hyperlink.
Berikutnya pengertian tentang Science.
Science atau sains sangat erat hubungannya denga Ilmu Pengetahuan, banyak yang
mendefinisikan bahwa sains itu sama dengan Ilmu Pengetahuan. Namun menurut
bahasa, sains adalah aktivitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh manusia
yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar mereka dan keinginan
untuk memahami suatu hal atau kejadian tersebut.
Definisi
Web Science adalah ilmu yang
mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat
dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan
sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu
sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang
menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web
tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang
komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.
Sejarah
Sejarah Web bermula di European
Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota
Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi
yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan
peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi
informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di
seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi
tersebut dalam bentuk grafik.
Web Browser pertama dibuat dengan
berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang
mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan
navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk
komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang
bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows.
Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National
Center for Supercomputing Applications).
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen
dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang
berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja,
Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di
Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer
berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Pada tahun 1994, Marc Andreesen
meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari
Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan
kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape
merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari
Microsoft.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT
mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang
bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada awal perkembangannya, sewaktu
browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir
tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan
diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta
pemakai diseluruh dunia.
- Pre-Web: Memex, Hypertext, Internet, usenet, ftp, gopher
Memex
Vannevar Bush (11 Maret, 8190 - 30 Juni, 1974 adalah seorang
insinyur dan ilmuwan berkebangsaan Amerika yang dikenal karena pencapaiannya
pada bidang kompetisi analog, peran politiknya pada pengembangan bom atom, dan
idenya tentang Memex, yang dipandang sebagai konsep awal yang mendasari
munculnya teknologi World Wide Web. Memex (singkatan dari "memory
extender") , adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah
mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat
pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir
dari teknologi hiperteks yang saat ini telah ada.
Vanner Bush memang tidak terlibat langsung dalam
pengembangan internet, namun banyak yang mempertimbangkan kalau beliau disebut
dengan God Father World Wide Web. Beliau membuat sebuah referensi esai hingga
tahun 1945 dengan judul AS WE MY THINK, dalam artikelnya Bush menggambarkan
sebuah mesin teoritis yang disebut MEMEX, untuk meningkatkan memori manusia
dengan memungkinkan pengguna dapat mengambil dan menyimpan dokumen dalam sebuah
Asosiasi. Asosiatif tersebut sangat berhubungan dan mirip dengan yang dikenal
saat ini ysitu hypertext.
Memex ini akan memiliki fitur selain menghubungkan. Pengguna
dapat merekam informasi baru mengenai mikrofilm, dengan mengambil foto dari
kertas atau dari layar sentuh yang sensitif tembus. Seorang pengguna bisa
menyisipkan komentar sendiri, baik menghubungkan ke jalur utama atau bergabung
dengan jejak sisi ke item tertentu. Jadi ia membangun jejak minatnya melalui
labirin bahan yang tersedia kepadanya. Seorang pengguna juga bisa membuat copy
dari jejak yang menarik dan menyebarkannya kepada temannya untuk dimasukkan
dalam memex sendiri, ada juga untuk dihubungkan ke jejak yang lebih umum.
Mengingat memex, sarjana bisa menciptakan alat sendiri
pengetahuan sebagai koneksi dalam berlembar-lembar informasi, berbagi
alat-alat, dan menggunakan kompleks alat untuk menciptakan pengetahuan namun
lebih canggih yang pada gilirannya dapat digunakan terhadap pekerjaan ini The
memex telah dibayangkan. sebagai sarana mengubah ledakan informasi menjadi
ledakan pengetahuan. Ini tetap menjadi salah satu impian mendefinisikan media
baru. Memperluas, menyimpan, dan konsultasi catatan.
Antara tahun 1990 dan 1994, Paul Flaherty, seorang mahasiswa
Stanford yang sedang mencari proyek, diperkenalkan oleh istrinya kepada
atasannya. Supervisor baru saja melihat demonstrasi dari World Wide Web dan
menyarankan dapat ditingkatkan dan lebih baik serupa dengan memex dijelaskan
oleh Vannevar Bush jika link tidak harus secara manual dimasukkan dan bukan
satu bisa mengikuti link hanya dengan menggunakan kata-kata sendiri. Flaherty
melanjutkan untuk menciptakan AltaVista, yang dicari pertama, full-text
database dari sebagian besar dari Web.
Hypertext
Hypertext adalah suatu paradigma ( cara atau pola )
antarmuka untuk menampilkan dokemen, yaitu dapat bercabang ke dokumen lain,
menurut definisi awal hypertext berarti “ branch or perform on request” yang
artinya bercabang atau melaksanakan saat diminta. Yang paling banyak digunakan
dalam dunia komputer adalah penelusuran antar dokumen yang disebut hyperlink.
Markup language merupakan kombinasi antara text dan
informasi tambahan mengenai text. Informasi tambahan tersebut, misalnya
struktur teks atau bentuk tampilan yangt diekspresikan dalam bentuk markup
(tanda) yang menyatu dengan text utama. Markup language paling modern yang
digunakan saat ini adalah HTML ( hypertext markup language ) yang merupakan
salah satu basis dari World Wide Web.
Hypertext Markup Language adalah markup language yang
dirancang untuk pembuatan halaman web yang mengandung hypertext dan informasi
lain yang akan ditayangkan oleh browser. HTML digunakan untuk membuat informasi
terstruktur, mudah dipahami. Pada prinsipnya HTML merupakan standart bahasa
yang digunakan untuk mengatur format tampilan document web, menambahkan
object-object seperti image, audio, video dan juga java applet dalam dokumen
HTML, mendukung hyperlink antar dokumen. Dokumen HTML dapat diakses oleh
browser berdasarkan urlnya, yaitu sebuah spesifikasi standar untuk menunjukan
lokasi suatu resource diinternet yang disebutkan pada browser.
Internet
Interconnection network (internet) adalah sistem global dari
seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet berasal dari bahasa
latin "inter" yang berarti "antara". Internet merupakan
jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia.
Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topology jaringan yang
berbeda. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan, digunakan standar
protokol internet yaitu TCP/IP. TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua
hubungan bekerja dengan baik, sedangkan IP bertugas untuk mentransmisikan paket
data dari satu komputer ke komputer lainya.
Sejarah internet awalnya berasal dari proyek ARPA yang
dibentuk tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini
kemudian dikenal dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang
melakukan riset tentang cara menghubungkan komputer satu dengan komputer
lainnya agar bisa saling berkomunikasi. Pada tahun 1970, proyek ini berhasil
menghubungkan lebih dari 10 komputer dalam bentuk jaringan, dan beberapa tahun
kemudian, hasil riset proyek ini dikembangkan di luar Amerika. Karena jumlah
komputer yang terhubung semakin banyak, maka pada tahun 1980 dibuatlah protokol
resmi yang dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet
Protocol).
usenet
Usenet merupakan singkatan dari User Network yang merupakan
sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini
dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama.
Mahasiswa pascasarjana Universitas Duke bernama Tom Truscott
dan Jim Ellis mencetuskan idenya pada tahun 1979 untuk selanjutnya membangun
sistem ini pada tahun 1980. Pengguna membaca dan mengirim pesan umum (disebut
artikel atau posting, dan secara kolektif disebut berita) ke satu kategori atau
lebih yang disebut newsgroup. Usenet menyerupai Bulletin Board System (BBS)
dalam banyak hal, dan merupakan awal dari berbagai forum Internet yang banyak
digunakan saat ini, secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida antara surat
elektronik dan forum web.
FTP
File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol jaringan
standar yang digunakan untuk mentransfer file dari satu host ke host lain
melalui jaringan berbasis TCP, seperti Internet.
FTP dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan
kontrol terpisah dan sambungan data antara klien dan server [1] FTP pengguna
dapat mengotentikasi sendiri menggunakan sign-in yang jelas-teks protokol,
biasanya dalam bentuk username dan password. , tetapi dapat terhubung secara
anonim jika server dikonfigurasi untuk memungkinkan itu. Untuk transmisi aman
yang menyembunyikan (enkripsi) username dan password, dan mengenkripsi konten, FTP
sering diamankan dengan SSL / TLS ("FTPS"). SSH File Transfer
Protocol ("SFTP") kadang-kadang juga digunakan sebagai pengganti,
tetapi teknologi yang berbeda.
Aplikasi FTP client pertama adalah baris perintah aplikasi
yang dikembangkan sebelum sistem operasi memiliki antarmuka pengguna grafis,
dan masih dikirimkan dengan Windows kebanyakan, Unix, dan sistem operasi Linux.
[2] [3] Puluhan klien FTP dan utilitas otomatisasi telah sejak dikembangkan
untuk desktop, server, perangkat mobile, dan perangkat keras, dan FTP telah
dimasukkan ke dalam ratusan aplikasi produktivitas, seperti editor halaman Web.
Ada beberapa metode aman mentransfer file yang telah disebut "Secure
FTP" pada satu titik atau lain.
FTP dapat berjalan dalam mode aktif atau pasif, yang menentukan
bagaimana koneksi data didirikan. Dalam modus aktif, klien membuat koneksi
kontrol TCP ke server dan mengirimkan server alamat IP klien dan jumlah klien
port dan kemudian menunggu sampai server memulai koneksi data melalui TCP ke
alamat IP client dan nomor client port. Dalam situasi di mana klien berada di
belakang firewall dan tidak dapat menerima koneksi masuk TCP, mode pasif dapat
digunakan. Dalam modus ini, klien menggunakan koneksi kontrol untuk mengirim
perintah PASV ke server dan kemudian menerima alamat IP server dan nomor port
server dari server klien yang kemudian digunakan untuk membuka koneksi data
dari port klien untuk alamat IP server dan nomor port server menerima. Kedua
mode yang diperbarui pada bulan September 1998 untuk mendukung IPv6. Perubahan
lebih lanjut diperkenalkan ke mode pasif pada waktu itu, update ke modus pasif
diperpanjang.
gopher
Protokol Gopher (pron.: / ɡoʊfər /) adalah aplikasi TCP / IP
protokol lapisan yang dirancang untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil
dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain menu-dokumen,
protokol Gopher disajikan alternatif untuk World Wide Web dalam tahap awal,
tapi akhirnya HTTP menjadi protokol yang dominan. Ekosistem Gopher sering
dianggap sebagai pendahulu yang efektif dari World Wide Web.
Diciptakan oleh tim yang dipimpin oleh Mark P. McCahill di
University of Minnesota, protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung
oleh native Web dan menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang
tersimpan di dalamnya. Teks antarmuka menu yang mudah digunakan, [1] dan cocok
untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remote berorientasi teks
terminal komputer, yang masih umum pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan
kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien. Gopher
revisi yang lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia.
Gopher disukai oleh banyak administrator jaringan untuk menggunakan sumber daya
jaringan yang lebih sedikit dibandingkan layanan Web.
Dengan struktur hirarki, Gopher menyediakan platform yang
berguna untuk skala besar koneksi perpustakaan elektronik pertama pengguna
Gopher mengingat sistem sebagai "lebih cepat dan lebih efisien dan jauh
lebih terorganisir" daripada layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar
digantikan oleh Web di tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh
penggemar, dan populasi kecil dari server aktif dipertahankan tetap.
Gopher menggabungkan hirarki dokumen dengan koleksi layanan,
termasuk WAIS, yang Archie dan Veronica search engine, dan gateway ke sistem
informasi lain seperti FTP dan Usenet.
Untuk mendapatkan teks yang Anda inginkan, Anda harus
mengklik beberapa link, dan membaca melalui menu setiap kali sebelum Anda
memilih link lain. Namun yang bekerja lebih cepat daripada orang mungkin
berpikir hari ini, dan di masa kejayaan Gopher, banyak waktu dihabiskan memilih
dan mengatur link di layout yang dapat digenggam sekilas. Gopher menjadi
teks-penanganan, dokumen-sistem pengiriman itu dimaksudkan untuk menjadi.
Seorang pengguna bisa menampilkan dokumen teks pada layar nya, simpan ke file,
mencetaknya, atau bahkan e-mail salinan ke orang lain di Internet. Gopher
menjadi klien dominan untuk layanan informasi lainnya: Server Information Wide
Area (WAIS), FTP, dan Archie, database file yang dipegang oleh sebagian besar
anonim utama (publik) situs FTP di Internet. Awalnya, Gopher bisa mencari hanya
satu database WAIS pada satu waktu, dan WAIS s "relevansi umpan
balik" alat (menemukan konten-dokumen sejenisnya) tidak tersedia.
- Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0
WEB 1.0
Web 1.0 merupakan website yang digunakan untuk pertama
kalinya,dimana seluruh data yang dibuat dan ditampilkan didalamnya serta design
dari web tetrsebut itu semuanya ditentukan oleh admin, hingga sedikit terasa
agak monoton. Web 1.0 tidak terlalu interaktin dikarenakan sifat dari Web 1.0
adalah read, maka ketika ada seseorang yang akan menambahkan atau memberikan
komentar, seseorang tersbeut harus menghubungi langsung admin yang bersangkutan
melalui address yang telah ditentukan oleh admin. Jadi dalam penggunaan Web 1.0
,kita hanya bisa untuk browsing sesuatu. Dan juga pada Web 1.0 yang
mengharuskan pengguna internet untuk datang ke dalam website tersebut dan
melihat satu persatu konten di dalamnya,membuatnya menjadi tidak praktis.
Ciri-ciri dari situs Web 1,0 ,yaitu:
Halaman statis, perubahan ataupun isinya seluruhnya
tergantung oleh pihak admin/ pemilik web tersebut.
Penggunaan framesets.
Milik HTML ekstensi seperti dan tag diperkenalkan pada awal
perang browser.
Online guestbook.
GIF tombol, biasanya 88×31 piksel dalam ukuran web browser
dan mempromosikan produk lain.
Pengguna akan mengisi formulir, dan setelah mereka mengklik
mengirimkan email klien akan mencoba untuk mengirim email yang berisi formulir
rincian.
WEB 2.0
Istilah Semantik lebih dahulu dipakai sebelum istilah Web
2.0. Web 2.0 dikembangkan pada tahun 2004. Perkembangan dari Web 2.0 lebih pada
penyajian konten dan tampilan di dalam suatu website, yang versi yang
sebelumnya berpusat pada sang pemilik website. Web 2.0 lebih bersifat
interaktif daripada Web 1.0 dan sifatnya yang Read Write, sehingga memudahkan
dalam menambahkan materi,berkomentar ,dan lain-lain,yang dilakukan oleh pembaca
web tersebut. Ini juga dikarenakan sifatnya untuk share,collaborate dan
exploite.
Dalam web 2.0 user interface suatu situs web yang digunakan
adalah teknologi flex (aplikasi rich internet berbasis flash dari macromedia
yang sekarang adobe), lazlo(platform aplikasi flash open source) atau
menggunakan ajax secara intensif seperti gmail atau google map maka situs itu
bisa dikatakan merupakan situs tipe web 2.0, selain itu aktivitas drag and
drop, auto complete ,chat, voice itu juga karena adanya dukungan Ajax. AJAX
adalah penggabungan dari JavaScript dan XML yang menekankan pada pengelolaan
konten.
Dan gabungan aplikasi lainnya adalah HTML dengan yang
dinamis. XML digunakan untuk mendefinisikan format data. Dibawah ini beberapa
alplikasi dan teknik yang dipakai dalam pengembangan Web 2.0.
Ciri- ciri dari Web 2.0:
Konten dinamis, metadata, web standar dan skalabilitas.
Mudah untuk memasukkan data atau mengambil data dari system.
Berbasis web murni.
Pengguna memiliki datanya sendiri pada situs.
Pelaku utama Perusahaan Pengguna/Komunitas.
Hubungan dengan server Client-server Peer to peer.
Bahasa pemrograman penampil konten HTML XML.
Pola hubungan penerbit-pengguna Searah Dua arah/ Interaktif.
Pengelolaan konten Taksonomi/direktori
Folksonomi/penanda/tag.
Penayangan berbagai kanal informasi Portal RSS/Sindikasi.
Hubungan antar pengakses Tidak ada Berjejaring.
Sumber konten Penerbit/pemilik situs Pengguna.
WEB 3.0
Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet
berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat
Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang
menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca
halaman-halaman Web. Hal ini berarti bahwa mesin akan memiliki kemampuan
membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini.
Web 3.0 terdiri dari:
Web semantik
Format mikro
Pencarian dalam bahasa pengguna
Penyimpanan data dalam jumlah besar
Pembelajaran lewat mesin
Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan buatan Web
- Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi
Dewasa ini pertumbuhan sosial dan
ekonomi web science tumbuh semakin cepat dan juga sangat mempengaruhi keadaan
sosial dan ekonomi dari penggunaan web science.
Dalam pertumbuhan sosial dan
ekonomi dari web science mungkin sedikit banyak mempengaruhi dan dapat
berdampak positif maupun negatif. Berikut ini akan saya paparkan sedikit mengenai
dampak dari pertumbuhan sosial dan ekonomi web science:
Dampak positif teknologi di bidang sosial
<> Perbedaan kepribadian
pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi
sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis.
Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan
pria semakin menonjol.
<> Meningkatnya rasa
percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang
menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri
dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat
tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
<> Tekanan, kompetisi yang
tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan
melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
Sementara dampak negatif yang
diberikan terhadap dibidang sosial adalah :
1. Kemerosotan moral di kalangan
warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja
dan pelajar.Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada
upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga
masyarakat menjadi “kaya dalam materitetapi miskin dalam rohani”.
2. Kenakalan dan tindak
menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnyakewibawaan
tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan
tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan
penting dalam menciptakankesatuan sosial. Akibatnya bisa dilihat bersama,
kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin
meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian,
corat-coret,pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3. Pola interaksi antar manusia
yang berubah kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tanggagolongan menengah
ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkandengan
telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia
luar.Program internet relay chatting (IRC) internet dan e-mail telah membuat
orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warnet
memberipeluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran
internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan
komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC)
anak-anakbisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
Dampak teknologi komputer di
bidang ekonomi
Dalam bidang ekonomi teknologi
berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat
positifnya antara lain:
1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
2. Terjadinya industrialisasi.
3. Produktifitas dunia industri
semakin meningkat.
4. Persaingan dalam dunia kerja
sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang
dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada
penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan.
Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami
perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan
yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan
skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5. Di bidang kedokteran dan
kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi.
Dalam bidang ekonomi, kemajuan
internet terutama pada aplikasi mesin pencari memudahkan suatu perusahaan dalam
melihat target pasar dari perusahaan tersebut. Selain itu, teknologi internet
juga membawa suatu perubahan pasar yakni
saat ini transaksi penjualan/pembelian tidak hanya dapat dilaksanakan ketika
penjual dan pembeli bertemu secara langsung namun dalam dunia maya sekalipun.
Contoh transaksi jual beli yang biasa kita temukan di internet seperti Shopping
Online, Penjualan tiket pesawat, dll. Kemajuan teknologi akan meningkatkan
kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri
maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung
secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia
ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin
penting.
Memandang positif dan negatif
kemajuan teknologi, bagi kemaslahan bangsa dan umat islam khususnya. Adalah
control secara internal mulai dari keluarga untuk mengenalakan dan mengawasi
anak didik dari dampak negatif itu sendiri, dan pemerintah khususnya
badan-badan yang bewenang menangani untuk mengambil langkah tepat untuk
mengurangi dampak dari kemajuan sisi buruk teknologi itu sendiri. kian pesatnya
kemajuan teknologi jangan kita jadikan hantu boomerang untuk kita tidak berani
terbuka dan maju.peran penting bangsa elemen-elemen pemerintah, masyarakat dan
keluarga adalah payung untuk menghindari dan mengurangi dampak negatif media
itu sendiri.
Dampak Positif Dan Negatif
Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia
Pengaruh globalisasi dengan
dukungan teknologi informasi seperti pedang bermata dua disatu sisi kita tidak
dapat menyangkal manfaat dan ancaman yang dibawanya, jadi manfaat disebut juga
pengaruh positif dan ancaman disebut pengaruh negatif.
(+) Positif
Pengaruh positif yang dapat
dirasakan dengan adanya Teknologi Informasi adalah peningkatan kecepatan,
ketepatan, akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai
bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya. Sebagai contoh manifestasi
Teknologi Informasi yang mudah dilihat di sekitar kita adalah pengiriman surat
hanya memerlukan waktu singkat, karena kehadiran surat elektronis (email),
ketelitian hasil perhitungan dapat ditingkatkan dengan adanya komputasi
numeris, pengelolaan data dalam jumlah besar juga bisa dilakukan dengan mudah
yaitu dengan basis data (database), dalam kegiatan ekonomi sudah dilakukannnya
E-banking, E-comerce,E-shopping dan masih banyak lagi.
(-) Negatif
Dengan hilangnya rasa cinta
terhadap produk dalam negeri menunjukkan gejala berkurangnya rasa nasionalisme
masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia dan penipuan serta pembobolan
keuangan melalui media elektronis juga akibat dari kegiatan ekonomi yang
semakin mudah.
1. Pengaruh teknologi informasi
tidak mungkin kita tolak atau hindari, sebaiknya kita harus dapat
memanfaatkannya untuk kesejahteraan masyarakat tetapi disisi lain kita juga
harus berhati-hati dan bersikap bijak agar dampak negatif yang menyertainya
dapat kita hilangkan atau paling tidak kita minimalisir.
2. Mengenalkan teknologi
informasi sekaligus pemanfaatannya bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan
sosial kemasyarakatan.
3. Meningkatkan daya nalar dan
daya seleksi masyarakat terhadap berbagai informasi yang membanjir, sehingga
masyarakat semakin kritis dan dewasa dalam menyikapinya.
- Web Science dan Metodologi Web Science
beberapa aspek yang mempengaruhi web science :
- Social Networks
- Collaboration
- Understanding online communities
- Analyzing the human interactions inherent in social media
- Developing “accountability” and other mechanisms for enhancing privacy and trust on the Web.
tujuan dari web science : untuk mengetahui bagaimana cara
mengetahui source code dari web itu sendiri dan bagaimana kita dapat
memanfaatkan web tersebut untuk melakukan hal yang positif.
sejarahnya : paradigma web science muncul dari sebuah riset
para ilmuan-ilmuan,Web Science adalah sebuah ilmu dari desentralisasi sistem
informasi. Web Science membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus pada pengembangan
terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat disadari bahwa World
Wide Web adalah teknologi yang berusia baru beberapa tahun, di sisi lain Web
adalah bukan dunia yang statis tetapi super dinamis. Berbagai riset pada Web
Science [Berners-Lee,2006] banyak menekankan pada :
- trend perkembangan Web
- tantangan dalam pengembangan Web
- mendukung untuk ubiquity, mobility, new media dan meningkatnya jumlah data yang tersedia secara online
- pentingnya hal sosial seperti menghargai hak privasi
- mengidentifikasikan varian dari penelitian Web Secara ringkas Bernes-Lee mengatakan
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web
telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana
keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan
pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial
secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan. Berbagai penelitian yang
berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping)
dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung,
2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari
web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah
metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan
untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan
dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti
akademisi.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar