Selasa, 14 Juni 2016

Pengalaman suka duka membuat penulisan ilmiah

Penulisan ilmiah didapatkan ketika semester 6, pertama kali mendapatkan mata kuliah ini saya sangat bingung ingin membuat apa. Bertanya kepada teman-teman dan kakak angkatan. Pada minggu kedua perkuliahan  semester 6 di umumkan dosen pembimbing, yang akan membimbing saya yaitu bapak Dr. Rifki Kosasih M.si.

Pada pertemuan pertama awalnya pengenalan dan mengajukan judul-judul penulisan diantaranya membuat aplikasi web dan AR, pak Rifki lebih tertarik dengan judul pembuatan aplikasi web. Untuk pertemuan selanjutnya pak rifki menginginkan untuk membawa bab 1 sampai 4.

Saya memutuskan untuk membuat aplikasi web dengan judul  “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kelinci Berbasis Web”. Dalam pembuatan web saya dibantu oleh teman-teman saya, kebetulan juga membuat aplikasi berbasis  web. Saya dan teman-teman saya secara berkala mengerjakan bersama-sama saling membantu.

Saya memilih judul  “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kelinci Berbasis Web” dikarnakan didaerah saya banyak yang memelihara kelinci dan saya juga memelihara kelinci yang juga sebagai bahan penelitian.

Setelah saya menyelesaikan bab 1 sampai 4 saya langsung menghubungi pak Rifki untuk bimbingan, pada bimbingan pertama saya masih terdapat revisi. Setelah itu saya menyelesaikan revisi saya kembali untuk bimbingan ke dua memberikan revisi, dan juga akhirnya saya tinggal menyelesaikan beberapa sub bab yaitu daftar isi , daftar tabel, kata pengantar dan lain lainnya kemudian saya kembali meminta kembali kepada bimbingan kepada pak rifki   setelah itu dikasih surat  sidang oleh pak rifki .

Setelah itu saya daftar sidang dan saya juga melengkapi beberapa persyaratan untuk sidang yaitu berupa foto soft cover penulisan dllnya . dan sidang saya  yang Alhamdulillah diberi kelancaran untuk sidang penulisan ilmiah dan tidak ada revisi dan hanya tinggal hardcover untuk penanda tanganan kepada dosen pembimbing dan juga kepada ketua jurusan bapak adang dan bu meilaini selaku coordinator penulisan ilmiah


Saya berterima kasih kepada bapak rifki selaku dosen pembimbing saya yang sudah banyak membantu dalam penulisan ilmiah ini dan kepada teman teman seperjuangan dalam mengerjakan penulisan ilmiah ini.

Tidak ada komentar: