Berikut adalah tugas softskill Pengantar Web science yang termasuk kedalam SAP
Seiring dengan perkembangan zaman, tidak dapat dipungkiri
lagi bahwa kini teknologi merupakan kebutuhan kita dalam kehidupan sehari.
Semua aspek kehidupan pada dewasa ini hampir semuanya menggunakan teknologi,
termasuk pada aspek ekonomi. Segala aktifitas perekonomian kini telah banyak
yang menggunakan fasilitas tekonolgi seperti halnya internet. Dengan bantuan
internet, perekenomian terasa lebih mudah, jarak dan waktu bukanlah hal yang
dapat membatasi lagi antara penjual dan pembeli. Dengan internet juga seseorang
dapat juga membuat sebuah ekonomi web. Apa saja yang terkait dengan ekonomi web
itu? Mari kita bahas dalam bab ini satu per satu.
•
Iklan,
termasuk lintas laman iklan
Iklan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan
barangan, perkhidmatan, peluang pekerjaan, inspirasi dan maklumat kepada yang
ingin disampaikan.
KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PERIKLANAN
- kekuatan lingkungan selalu berubah
- perubahan lingkungan menciptakan ketidakpastian, ancaman, peluang (dalam dinamika periklanan)
- tanggapan terhadap perubahan lingkungan:
- reaktif apabila tdk dpt mengendalikan elemen-2 lingkungan, caranya selalu menyesuaikan diri dgn perkembangan yg ada
- proaktif apabila memiliki sejumlah kendali dan resources, caranya dgn mengambil langkah-2 utk melakukan perubahan yg menghasilkan lingkungan yg lebih kondusif
IKLAN TERHADAP PENGARUH EKONOMI
1. Iklan sebagai transaksi atau peristiwa yang ekonomi yang
mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat.
- Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
- Memberi keuntungan kepada agen iklan.
- Membuka lapangan kerja.
- Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
- Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
- Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
- Saat krisis ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.
- Data AC Nielsen: belanja iklan 2001 Rp 9,717 triliun à 2002 Rp 12 triliun (ada kenaikan 200 % dari belanja iklan 1997). Fantastis!
- Tahun 1997 ada 179 merek yang diiklankan di media utama nasional à Tahun 2000 ada 237 merek (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan industri masih memberikan kepercayaan melakukan promosi produk melalui iklan.
- Periklanan mendatangkan pajak besar bagi daerah.
2. Dampak (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan industri
masih memberikan kepercayaan melakukan promosi .
- pesan yang ditimbulkan.
- Meningkatkan pemasaran produk.
•
Pencarian
Pencarian pada ekonomi web pada umunya adalah melalui penjualan
online. Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari
calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan
internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung
dengan jaringan internet.
Pengaruhnya:
- Kehadiran e-commerce yang terus berkembang lambat laun akan merubah kebiasaan bertransaksi sebagian masyarakat kita. Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online ketimbang melangkahkan kaki ke outlet penjualan. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar mancanegara.
- seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online. Banyak sekali situs yang menyediakan jual beli online. Salah satu yang terbesar adalah TokoBagus(dot)com. Dengan adanya Internet pula kita tidak perlu repot pergi untuk membeli barang yang kita butuhkan. Tinggal pesan saja melalui transaksi ataupun dengan cash.
- Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi.
• Auctioning dalam pencarian
dan online auctions
mekanisme pasar dimana penjual menawarkan produk dan pembeli
melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif hingga harga terakhir
dicapai. Online auction menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga yang
berubah berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu.
Ada empat kategori utama dynamic pricing yaitu:
- Satu pembeli, satu penjual
- Satu penjual, banyak pembeli potensial
- Satu pembeli, banyak penjual potensial
- Banyak penjual, banyak pembeli
Manfaat dari Online Auction dibagi jadi 3 bagian, yaitu :
Manfaat bagi penjual :
- Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu
- Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar
- Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan
Manfaat bagi pembeli :
- Kesempatan untuk menemukan barang yang dicari
- Hiburan bagi pembeli
- Pembeli bisar menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular
Manfaat bagi Auctioner :
- Pembelian yang lebih tinggi.
- Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
- Ekspansi bisnis lelang.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar